PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 3 SUBTEMA 2 MELALUI MODEL KOOPERAIF TIPE THINK PHAIRE SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS III SDN 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023

Delpina Lentina Br Sijabat, Delpina (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 3 SUBTEMA 2 MELALUI MODEL KOOPERAIF TIPE THINK PHAIRE SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS III SDN 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSIKU YESUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSIKU YESUS 15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (684kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSIKU YESUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)
[img] Text
BAB II WATERMARK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)
[img] Text
BAB III - v.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (491kB)
[img] Text
LAMPIRAN skripsiku yesus.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

DELPINA LENTINA BR SIJABAT, NPM 1915010165 “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema 3 Sub Tema 2 Melalui Model Kooperatif Tipe Think Phaire Share (TPS) Pada Siswa Kelas III SDN 040445 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini dilaksanankan pada tanggal 13 februari 2023 sampai 24 februari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think phaire share pada tema 3 subtema 2 pada siswa kelas III SDN 040445 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan objek penelitian meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think phaire share pada tema 3 dan subjek penelitian siswa kelas III B SDN 040445 Kabanjahe sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 laki laki dan 14 perempuan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini berlangsung sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, test berbentuk essay sebanyak 5 soal, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatife tipe think phaire share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SDN 040445 Kabanjahe pada tema 3 sub tema 2 dengan pokok bahasan penggukuran panjang dan satuannya Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang dilihat dari hasil observasi kegiatan aktivitas guru siklus I sebesar 60,5% dengan kriteria baik dan pada siklus II sebesar 80,2% dengan kriteria baik dan observasi kegiatan aktivitas siswa siklus I sebesar 62 dengan kriteria cukup dan pada siklus II sebesar 82 dengan kriteria baik. Selanjutnya rata rata nilai siswa mengalami peningkatan yakni siklus I sebesar 69,3 dan pada siklus II sebesar 78,6. Dan ketuntasan secara klasikal pada siklus I 70% dan pada silus II mencapai 86,7%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif, Think Phaire Share, Tema 3 Sub tema 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Model, Think Phaire Share, THEME 3 SUB THEME 2
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: DELPINA LENTINA BR SIJABAT
Date Deposited: 07 Jul 2023 05:16
Last Modified: 07 Jul 2023 05:16
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item