PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Diana Novaria Br Purba, . (2021) PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (295kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

DIANA NOVARIA BR PURBA, NPM 1715010086, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Quality Berastagi: ”Pengaruh Media Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran Media komunikasi pada siswa kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui bagaimanakah gambaran hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara media komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan “metode statistik deskriptif analisis yaitu metode yang ditujukan untuk penjelasan tentang prediksi dari fenomena perbandingan melalui pengumpulan data. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi . populasi siswa kelas IV dengan jumlah 22 siswa . Hasil yang diperoleh adalah (1).gambaran media komunikasi yang telah diolah ke presentase 11 nya dikategorikan positif, Jadi nilai rata-rata adalah 870,1 : 11 = 79,1. (2).Gambaran hasil belajar peserta didik kelas IV dikategorikan baik karena nilai rata-rata 78. (3). T hitung yang di dapat dari pengolahan data adalah sebagai berikut : T hitung > T tabel (Lebih Besar) : 8,901 > 2,093 sedangkan Variabel X terhadap Y nilai signifikansi 0,159 > dari pada 0,05. Sesuai dengan hasil hipotesis dari pengolahan data spss diatas menunjukkan bahwa nilai signifikansi Pengaruh Media Komunikasi (X) Terhadap hasil belajar (Y) adalah 0,159 > (lebih besar) dari pada 0,05 dan nilai T hitung (8,901) > T tabel (2,093). Maka Ha Diterima dan Ho ditolak artinya terdapat Pengaruh Media Komunikasi (X) Terhadap hasil belajar siswa (Y) secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Communication Media, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Diana Novaria Br Purba
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:23
Last Modified: 19 Jul 2021 02:23
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item