MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023

TASYA ALFIONIKA BR SURBAKTI, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (776kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

TASYA ALFIONIKA BR SURBAKTI , NPM : 1915010129 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023”. SKRIPSI PROGRAM STUDI FKIP UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI TAHUN 2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Scramble pada mata pelajaran IPA tema 6 subtema 2 SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040445 kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model scramble untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Tema 6 subtema 2. Tes yang digunakan adalah soal essay yang berjumlah 5 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus 1 diperoleh data hasil pengamatan aktivitas guru 60% berkategori cukup, aktivitas siswa 68% berkategori cukup, ketuntasan klasikal 67%, dan nilai rata-rata 70 . sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru 78,4% berkategori baik dan aktivitas siswa 82 % berkategori baik, dengan ketuntasan klasikal 87% , nilai rata-rata 87. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model scramble dapat meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 6 subtema 2 kelas V SD Negeri 040445 kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Scramble Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Tasya Alfionika Br Surbakti
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:04
Last Modified: 07 Jul 2023 03:04
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item