MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA I SUBTEMA I DIKELAS III SD SWASTA MASEHI 4 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NOPELIKA BR GINTING, NOPELIKA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA I SUBTEMA I DIKELAS III SD SWASTA MASEHI 4 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
ilovepdf_merged (9).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (802kB)
[img] Text
ABSTRAK NOPELIKA LENGKAPPPP (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (458kB)
[img] Text
BAB 1 NOPELIKA LENGKAPPPP (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
BAB 2 NOPELIKA LENGKAPPPPP 345 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (614kB)
[img] Text
BAB 3-5 NOPELIKA LENGKAPPPP.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOPELIKA LENGKAPPPP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN NOPELIKA BR GINTING LENGKAPPPP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (773kB)

Abstract

ABSTRAK NOPELIKA BR GINTING. 1915010179. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Course Review Horay Pada Pembelajaran Tematik Tema I Subtema I Dikelas III SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilator belakangi oleh hasil belajar Sub Tema I Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Siswa yang belum maksimal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Course Review Horay. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Model Course Review Horay terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sub Tema I Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Kelas III SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran guru dan siswa, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Course Review Horay pada Materi Sub Tema I Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup di kelas III berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 58 dan aktivitas siswa 66, tingkat penguasaan secara klasikal 70% dari 30 orang siswa terdapat 21 orang yang tuntas belajar dan 9 orang yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru meningkat menjadi 79 dan aktivitas siswa meningkat menjadi 76 dari 30 terdapat 26 siswa yang tuntas belajar dan 4 orang yang tidak tuntas belajar. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunsksn Model Course Review Horay dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar Sub Tema I Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Kelas III SD SWasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Course Review Horay, Tema I

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Horay’s Course Review Model, Theme I
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Depositing User: NOPELIKA BR GINTING
Date Deposited: 06 Jul 2023 14:48
Last Modified: 06 Jul 2023 14:48
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item