MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LORI HARIFA BR SITEPU, ., (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
COVER LORI HARIFA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK LORI HARIFA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.LORI HARIFA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
BAB II LORI HARIFA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (553kB)
[img] Text
BAB III-V LORI HARIFA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK LORI HARIFA BR SITEPU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN LORI HARIFA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK LORI HARIFA BR SITEPU, NPM :1915010088 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023, SKRIPSI, JURUSAN PGSD, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 2023.” Penelitian ini dilakukan di SD N 043951 Simpang Empat, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 043951 Simpang Empat Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah subjek penelitian sebanyak 25 siswa di kelas IV tahun ajaran 2022/2023, prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I memperoleh 60,3% sedangankan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh 66% dan siswa yang tuntas secara individu pada siklus 1 adalah 16 siswa dan tidaak tuntas 9 siswa, dengan nilai rata-rata siswa 68. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Sehingga siklus I beum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal,maka dilakukan pada siklus selanjutnya yaitu siklus II dengan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru memperoleh 80,7 % dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh 88%. Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 22 siswa dan tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan memiliki nilai rata-rata 82. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Sumber Daya Alam di kelas IVSDN 04391 Simpang Empat Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Talking Stick

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, IPS, Learning ModelTalking Stick
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: LORI HARIFA BR SITEPU
Date Deposited: 06 Jul 2023 14:27
Last Modified: 06 Jul 2023 14:27
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item