UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 3 DI KELAS V TAHUN PELAJARAN 2022/2023

APRIANI TARAJELA BR SEMBIRING, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 3 DI KELAS V TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (535kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (810kB)

Abstract

APRIANI TARAJELA BR SEMBIRING ,NPM: 1915010095 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Masalah-Masalah Sosial Lingkungan Setempat Melalui Model Think Pair Share Mata Mata Pelajaran IPS Tema 6 Subtema 3 Di Kelas V Tahun Pelajaran 2022/2023” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V hal ini disebabkan pelaksanaan pemebalajaran masih berpusat pada guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran think pair share . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040482 Gajah . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Obejek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasl belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran IPS materi masalah-masalah sosial. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarakan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktifitas guru dan siswa sudah berkategori baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 81% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individual maupun secara klasikal sebesar 88%dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,5 dan pada siklus II sebesar 74,5 dengan peningkatan sebesar 12%. Dengan demikian pelaksanan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi masalah-masalah di kelas V dapat meningktakan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Think pair share
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: APRIANI TARAJELA BR SEMBIRING
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:51
Last Modified: 06 Jul 2023 09:51
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item