ARLINTA BR SEMBIRING, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 040523 SUKANALU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
cover arlinta08.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (456kB) |
![]() |
Text
abstrak Arlinta..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (618kB) |
![]() |
Text
bab 1 skripsi Arlinta.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 2 skripsi Arlinta.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
![]() |
Text
bab 3-5 skripsi Arlinta.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
![]() |
Text
daftar pustaka skripsi Arlinta.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (534kB) |
![]() |
Text
lampiran arlinta.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Arlinta Br Sembiring, NPM : 1915010111 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Picture and Picture pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu berjumlah 17 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Picture and Picture Untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivityas guru 59,3% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 58 kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 12 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas dari 17 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 71% tuntas dan 29% tidak tuntas dan nilai rata-rata 73. Penelitian siklus II pada aktivitas guru diperoleh 80,4% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa menperoleh nilai 80 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 15 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas dari 17 siswa, sedangkan kentuntasa klasikal 88% tuntas dan 12% tidak tuntas dan nilai rata-rata 86. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023 sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Depositing User: | ARLINTA BR SEMBIRING |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 09:15 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 09:15 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |