SELVIA KERISTINA BR SEMBIRING, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT MATA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DENGAN MATERI PECAHAN TEMA II SUBTEMA IV PADA SDN 040489 TANJUNG MERAWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (734kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (685kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (557kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (907kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (191kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (493kB) |
Abstract
SELVIA KERISTINA BR SEMBIRING,1915010074, “ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NHT MATA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELA III DENGAN MATERI PECAHAN TEMA II SUBTEMA IV PADA SDN 040489 TANJUNG MERAWA TAHUN AJARAN 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui pelaksanaan pembelajaran , ketuntasan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran “kooperatif tipe NHT pada mata pembelajaran matematika kelas III dengan materi pecahan tema II subtema IV pada SDN 040489 Tanjung merawa tahun ajaran 2022/2023.” Lokasi penelitian ini adalah SDN 040489 tanjung merawakabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 040489 Tanjung Merawa yang berjumlah 28 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numered Head Together (NHT) Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes berbentuk uraian Hasil pelaksanaan penelitian pembelajaran berdasarkan tes siklus 1 pada aktivitas guru berkategori cukup dengan nilai 59% dan aktivitas siswa berkategori cukup dengan nilai 68. Ketuntasan individu 19 orang siswa yang tuntas dan 9 orang yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal 68% yang tuntas dan 32% yang tidak tuntas dengan nilai rata rata 66,4. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru yaitu presentase, 79.7% dan hasil pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu 86, dari ketuntasan idividu yang untas belajaranya yaitu 25 orang dan 3 orang yang tidak tuntas . sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 89% yang tuntas dan 11% yang tidak tuntas dan nilai rata rata siswa 87,8. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran berkriteria Baik, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dan hasil belajar dengan menggunakan model “kooperatif tipe NHT pada mata pembelajaran matematika kelas III dengan materi pecahan tema II subtema IV pada SDN 040489 Tanjung merawa tahun ajaran 2022/2023.”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Numbered Head Together (NHT) Learning Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | SELVIA KERISTINA BR SEMBIRING |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 15:54 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 15:54 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |