UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN AJARAN 2022/2023

Enrico Timothy, S.Pd (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL REPOSITORY File I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (487kB)
[img] Text
Abstrak File II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
BAB I File III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
BAB II File IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[img] Text
BAB III-V File V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA File VI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN File VII.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ENRICO TIMOTHY, NPM: 1915010175, "Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 040469 Surbakti T.A 2022/2023". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 040469 Surbakti T.A 2022/2023. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Koperasi Tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret – 6 April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 040469 Surbakti. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V. Kemudian data dianalisis menggunakan Siklus I dan Siklus II untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh dengan menghitung hasil observasi Guru pada siklus I dengan skor siklus I sebesar 60% sedangkan pada siklus II hasil observasi guru diperoleh sebesar 79,5%. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I pada siklus I diperoleh skor sebesar 62 sedangkan hasil observasi siswa pada siklus II diperoleh skor sebesar 86. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II dengan skor Siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa = 69,64% sedangkan skor Siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa = 79,64%. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 14,35%. Pada hasil ketuntasan siswa klasikal pada Siklus I memperoleh skor 64,28% sedangkan hasil ketuntasan siswa klasikal pada Siklus II memperoleh skor 89,29%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,35%. Artinya hipotesis tindakan ini memiliki efektivitas dalam menyediakan Model Pembelajaran Tipe STAD dalam Pembelajaran di Kelas V SD Negeri 040469 Surbakti T.A 2022/2023". Kata kunci: Hasil belajar, Model kooperatif tipe STAD, IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, STAD type cooperative model, IPA.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ENRICO TIMOTHY -
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:38
Last Modified: 06 Jul 2023 10:38
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item