Trifena Br Milala, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 2 Sub Tema 1 Pokok Bahasan Sumber Energi Dengan Menggunakan Model Pembejaran Snowball Throwing Di Kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (848kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (374kB) |
Abstract
Trifena Br Milala, Npm : 1915010072 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 2 Sub Tema 1 Pokok Bahasan Sumber Energi Dengan Menggunakan Model Pembejaran Snowball Throwing Di Kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan sumber energi di kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan sumber energi di kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes bentuk esay, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 diproleh hasil observasi aktivitas guru 60% atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 60% atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 28 siswa yang tuntas 18 orang dan yang tidak tuntas 10 orang, secara klasikal 64% yang tuntas dan 36% yang tidak tuntas, maka diproleh rata-rata pada siklus ini adalah 69,2 atau berketegori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diproleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 80,3% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 82% atau berkategori baik, hasil belajar individu dari 28 siswa siswa yang tuntas 25 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, secara klasikal 89% yang tuntas dan 11% yang tidak tuntas, maka diproleh ratal-rata pada siklus ini adalah 79 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanann pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan sumber energi di kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation of Learning, Learning Outcomes, Snowball Throwing Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Trifena Br milala |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 09:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 09:06 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |