EFFREDO BRAYMUNTA SURBAKTI, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARANTEMATIK TEMA 8 SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 040469 SURBAKTI T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
CAVER REPOSITORY.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (253kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB 3-5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (570kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (71kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
EFFREDO BRAYMUNTA SURBAKTI. NPM: 1915010160. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 040469 SURBAKTI T.A 2022/2023 ”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040469 Surbakti, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Think Pair Share terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia kalas V SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Think Pair Share pada Materi Jenis-jenis Usaha Masyarakat Indonesia di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,21% dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 54% dari 28 orang siswa terdapat 18 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 10 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,35 dari 28 siswa terdapat 25 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Think Pair Share dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia di Kelas V SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Think Pair Share, Mata Pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, of the think pair share model, of social studies subjects |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Effredo braymunta surbakti |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:56 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:56 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |