MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI PADA SUBTEMA 5 MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ANGGI ANGGRAINI MUNTHE, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI PADA SUBTEMA 5 MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (521kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (981kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ANGGI ANGGRAINI MUNTHE, NPM : 1915010064 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI : “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI PADA SUBTEMA 5 MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Demonstrasi pada pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA subtema 5 materi cahaya dan sifat-sifatnya siswa kelas V SD Negeri 040454 Pceren Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040454 Pceren Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 24 orang siswa. Objek penelitian ini adalah ini adalah penggunaan model Demonstrasi di kelas V di SD Negeri 040454 Pceren Tahun Pelajaran 2022/2023. Dari hasil penelitian di peroleh peningkatan hasil observasi guru yaitu 80,5% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh nilai 86 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 22 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas. sedangkan tuntas secara klasikal 91,6% dengan nilai rata-rata 93,3. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Demonstrasi pada Subtema 5 materi cahaya dan sifat-sifatnya siswa kelas V SD Negeri 040454 Pceren Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa sudah meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Science, Learning Outcomes, Demonstration Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ANGGI ANGGRAINI MUNTHE
Date Deposited: 06 Jul 2023 15:26
Last Modified: 06 Jul 2023 15:26
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item