MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICKPADA PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD SWASTA MASEHI 4 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DESRA VEVALOSA BR GINTING, Desra Vevalosa Br Ginting (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICKPADA PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD SWASTA MASEHI 4 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
sampul desra .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[img] Text
BAB I Desra Vevalosa Br Ginting (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[img] Text
BAB II Desra Vevalosa Br Ginting.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Desra Vevalosa Br Ginting.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
lampiran Desra .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK DESRA VEVALOSA BR GINTING. 1915010136. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Sub Tema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023.Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Sub tema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Talking Stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sub tema 1Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku kalas IV SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran guru dan siswa, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Talking Stick pada Materi Sub tema1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di Kelas IV berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 60,3 dan aktivitas siswa sebesar 68, tingkat penguasaan siswa secara klasikal 64% dari 25 orang siswa terdapat 16 orang yang tuntas belajar dan 9 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru meningkat menjadi 79,2 dan aktivitas siswa meningkat menjadi 88 dari 25 terdapat 22 siswa yang tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Talking Stick dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar Sub tema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di Kelas IV SD Swasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Talking Stick , Tema 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Model, Thema 7
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: DESRA VEVALOSA BR GINTING
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:10
Last Modified: 06 Jul 2023 03:10
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item