Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPS Tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah Tahun Pelajaran 2022/2023

HELEN BR SITEPU, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPS Tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (868kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (485kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

HELEN BR SITEPU, NPM: 1915010059 : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPS Tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah Tahun Pelajaran 2022/2023”. Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V SD Negeri 044842 Bertahdalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan presentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 61,1% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah 1) Guru masih menggunakan metode ceramah, 2) siswa cenderung merasa jenuh dalam pembelajaran, 3) motivasi dalam mengikuti pelajaran kurang, 4) kurangnya media saat proses pembelajaran. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan model Problem Solving untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) Untuk Mengetahui Bagaimana Ketuntasan Belajar Siswa, 3) Untuk Mengetahui Apakah Hasil Belajar Siswa Meningkat. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian suharsimi arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 044842 Bertah tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 18 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, lembar observasi guru dan siswa, dan esai sebanyak 5 soal. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) hasil kegiatan aktivitas guru dan juga siswa di siklus I, untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai presentase 60% (cukup), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai presentase 82,3% (baik sekali). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai presentase 68 (cukup), sedangkan pada siklus II mencapai presentase 90 (sangat baik), 2) hasil ketuntasan individual, ketuntasan secara klasikal dan nilai rata-rata pada siklus I dan II, untuk hasil ketuntasan individual pada siklus I 14, sedangkan di siklus II 17, untuk hasil ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 77,8%, sedangkan pada siklus II mencapai 94,4, untuk hasil rata-rata pada siklus I mencapai 73,3, sedangkan pada siklus II mencapai 93,3. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka Model Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelajaran IPS. Adanya peningkatan kesiapan guru dan sekolah dalam memberikan metode lain dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran supaya siswa tidak jenuh dan siswa menjadi aktif dan lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Problem Solving
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: HELEN BR SITEPU
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:53
Last Modified: 06 Jul 2023 02:53
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item