MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2022/2023

SUMANTI FLORIDA BR BANGUN, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (550kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

SUMANTI FLORIDA BR BANGUN , NPM : 1915010012 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2022/2023”. SKRIPSI PROGRAM STUDI FKIP UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI TAHUN 2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Mind mapping pada mata pelajaran IPA subtema 2 SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040445 kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA subtema 2. Tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus 1 diperoleh data hasil pengamatan aktivitas guru 58,9% berkategori cukup, aktivitas siswa 68% berkategori cukup, ketuntasan klasikal 67%, dan nilai rata-rata 72 . sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru 79% berkategori baik dan aktivitas siswa 84 % berkategori baik, dengan ketuntasan klasikal 87% , nilai rata-rata 86. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA subtema 2 kelas V SD Negeri 040445 kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Mind Mapping Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: SUMANTI FLORIDA BR BANGUN
Date Deposited: 06 Jul 2023 15:24
Last Modified: 06 Jul 2023 15:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item