MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUB TEMA 1 KELAS V SD NEGERI 040523 SUKANALU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SATRIA SAGALA, TRIA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUB TEMA 1 KELAS V SD NEGERI 040523 SUKANALU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL_SATRIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_SATRIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
BAB I_SATRIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)
[img] Text
BAB II_SATRIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (643kB)
[img] Text
BAB III-V_SATRIA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SATRIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SATRIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SATRIA SAGALA, NPM: 1915010124, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Example Non Example Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Sub Tema 1 Kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040523 Sukanalu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu yang berjumlah 17 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Example Non Example yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas V berjalan dengan baik. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 78,4% dan aktivitas siswa yaitu 84, termasuk dalam kriteria baik. Dari 17 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dan 2 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 88,65% yang tuntas belajar, dan nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 87. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan penggunaan Model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas V SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Example Non Example

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, Model Example Non Example
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: SATRIA - SAGALA
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:30
Last Modified: 06 Jul 2023 03:30
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item