ALFRYENI BR GINTING, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS II SD NEGERI 040459 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB II- BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (288kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (699kB) |
Abstract
ALFRYENI BR GINTING, NPM : 1915010020 : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas II SD Negeri 040459 Berastagi Tahun Ajaran 2022/2023”. Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SD Negeri 040459 Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu materi Membaca dan Menulis Permulaan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsungselama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti yaitu pada siklus I mencapai 60% dan siklus II 81% . Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan siswa pada siklus I mendapatkan nilai 68 dan siklus II sudah mendapatkan nilai 84 sudah berkategori baik sekali. Ketiga, nilai rata-rata siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Dan keempat, ketuntasan secara klasikal sudah mencapai ≥ 85%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Discovery Learning, Indonesia Language |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | ALFRYENI BR GINTING |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:03 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |