MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040467 LINGGA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ERIA CLARITA SEMBIRING, ., (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040467 LINGGA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (270kB)
[img] Text
BAB I ERIA CLARITA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (325kB)
[img] Text
BAB II ERIA CLARITA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (464kB)
[img] Text
BAB III-V ERIA CLARITA SEMBIRING.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ERIA CLARITA SEMBIRING (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN LENGKAP ERIA CLARITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ERIA CLARITA SEMBIRING, NPM. 1915010166: “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040467 LINGGA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Latar belakang Penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040467 Lingga pada mata pelajaran IPA. Dibuktikan dengan persentase belajar siswa di kelas sebelumnya sebesar 46,2% siswa yang tuntas. Penyebabnya yaitu: minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPA masih kurang, siswa kurang aktif dalam belajar, model pembelajaran yang jarang digunakan, pelaksanaan proses pembelajaran IPA belum berjalan dengan baik, guru jarang menggunakan media saat pembelajaran. Pelaksanaan ini dilaksanakan bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make A Match. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Suharsimi Arikunto yaitu Penelitian Tindakan Kelas, terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040467 Lingga tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa, serta tes. Hasil analisis data siklus I dan siklus II yaitu: (1) Hasil kegiatan aktivitas guru pada siklus I mencapai 60,5% (cukup), sedangkan siklus II mencapai 81,2% (baik sekali). Ativitas siswa pada siklus I mencapai 68 (cukup), sedangkan siklus II mencapai 90 (baik sekali), (2) Hasil ketuntasan individu pada siklus I 19 siswa, sedangkan siklus II 23 siswa, ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 73%, sedangkan pada siklus II mencapai 88%, hasil rata-rata pada siklus I mencapai 77,8, sedangkan siklus II mencapai 87,5. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan Model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya di kelas IV SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Make A Match.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Make A Match Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ERIA CLARITA SEMBIRING
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:43
Last Modified: 05 Jul 2023 07:43
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item