MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

FEBY WIDYA SARI BR DEPARI, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (524kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (684kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

FEBY WIDYA SARI BR DEPARI. NPM: 1915010085. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Picture And Picture Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Di Kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA dengan materi Daur Hidup Hewan,dimana hasil belajar siswa belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Picture And Picture. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 047174 Kutarayat, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Picture And Picture terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Ajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Picture And Picture .pada Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 58% dari 32 orang siswa terdapat 19 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 13 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,6 dari 32 terdapat 29 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Picture And Picture dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 047174 KutarayatTahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture Models, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: FEBY WIDYA SARI BR DEPARI
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:58
Last Modified: 05 Jul 2023 04:58
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item