MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS II SD NEGERI 040449 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MELVA ANGGRENI BR SIMBOLON, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS II SD NEGERI 040449 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (395kB)
[img] Text
BAB III -V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Melva Anggreni Br Simbolon, NPM : 1915010159 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Tema 6 Subtema 1 Kelas II SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Make a Match Tema 6 Subtema 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Make a Match Tema 6 Subtema 1 materi Hewan Disekitarku kelas II SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 040449 Kabanjahe yang berjumlah 29 orang, Objek penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Make a Match Tema 6 Subtema 1 materi Hewan Disekitarku Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 56% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 18 siswa yang tuntas dan 11 siswa yang tidak tuntas dari 29 siswa, sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh 62% dengan nilai rata-rata 70. Hasil belajar siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 78% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa memperoleh nilai 80 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 26 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dari 29 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II adalah 89% dan nilai rata-rata 84. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Make a Match Tema 6 Subtema 1 materi Hewan Disekitarku kelas II SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan kategori baik, hasil belajar siswa tuntas secara individu dan klasikal dan hasil belajar siswa meningkat. Kata kunci: Pembelajaran, Hasil Belajar, dan Model Make a Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, and Make a Match Models
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: MELVA ANGGRENI BR SIMBOLON
Date Deposited: 05 Jul 2023 05:17
Last Modified: 05 Jul 2023 05:17
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item