Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA Tema 1 Subtema 1 Pokok Bahasan Organ Gerak Hewan Di Kelas V SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023

YOSITA BR SINULINGGA, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA Tema 1 Subtema 1 Pokok Bahasan Organ Gerak Hewan Di Kelas V SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (753kB)

Abstract

YOSITA BR SINULINGGA, NPM: 1915010068, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA Tema 1 Subtema 1 Pokok Bahasan Organ Gerak Hewan Di Kelas V SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023” Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 1 subtema 1 pokok bahasan organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 040538 Sampun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu dan klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sd Negeri 040538 Sampun yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023 dan alat pengumpul data yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Dari pelaksanaan siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 59,7% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 68 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individu adalah 12 orang dan jumlah siswa yang tidak tuntas secara individu adalah 8 orang, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 60% dan siswa yang tidak tuntas secara klasikal adalah 40%dan nilai rata-rata sebesar 68,5. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 81,5% kategori baik sekali hasil observasi aktivitas siswa yaitu 90 kategori sangat baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu adalah 18 orang dan jumlah siswa yang tidak tuntas secara individu adalah 2 orang, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 90% dan siswa yang tidak tuntas secara klasikal adalah 10%dan nilai rata-rata sebesar 86. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA tema 1 subtema 1 pokok bahasan organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian tindaan kelas, Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe STAD, IPA
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: YOSITA BR SINULINGGA
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:29
Last Modified: 05 Jul 2023 03:29
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item