Artina Br Bukit, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA 5 DI KELAS V SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III- BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (239kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
ARTINA BR BUKIT. NPM: 1915010048. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 Di Kelas V Sd Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Tema 5 di Kelas V SD. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 Di Kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 Di Kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individual adalah 14 siswa tuntas, sedangkan ketuntasan secara klasikal diperoleh 70% siswa tuntas dan nilai rata-rata 69. Penelitian Siklus II diperoleh hasil pada aktivitas guru 79,8% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh nilai 84 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 18 orang yang tuntas dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dari 20 orang siswa, sedangkan ketuntasan secara klasikal 90% dan nilai rata-rata 85. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 di Kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berkategori baik dan hasil belajar meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Course Review Horay Type |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | ARTINA BR BUKIT |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:53 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |