MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARN THINK PAIR SHARE PADA MATERI BENDA DAN KEGUNAANYA DI SEKITAR PADA KELAS IV SD NEGERI 040510 KUTAMBARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

EPINTA SEMBIRING, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARN THINK PAIR SHARE PADA MATERI BENDA DAN KEGUNAANYA DI SEKITAR PADA KELAS IV SD NEGERI 040510 KUTAMBARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (849kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EPINTA SEMBIRING,NPM 1915010070 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARN THINK PAIR SHARE PADA MATERI BENDA DAN KEGUNAANYA DI SEKITAR PADA KELAS IV SD NEGERI 040510 KUTAMBARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share benda dan kegunaanya di sekitar di SD Negeri 040510 Kutambaru tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini di laksannakan di SD Negeri 040510 Kutambaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040510 yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitan ini adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share di SD Negeri 040510 Kutambaru Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil kagiatan aktivitas guru dan juga siswa di siklus I, untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai presentase 58,8% (Cukup), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai presentase 86,5% (Baik Sekali). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai nilai 66,6 (cukup), sedangkan pada siklus II mencapai nilai 88,8 (baik), hasil ketuntasan individual, ketuntasan secara klasikal, dan nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II, untuk hasil ketuntasan individual di siklus I 18, sedangkan ketuntasan individual siklus II 25, untuk hasil ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 64,2%,sedangkan ketuntasan secara klasikal pda siklus II mencapai 89,2%, untuk hasil rata-rata ada siklus I mencapai 67,sedangkan pada siklus II mencapai 88,5. Dengan demikian hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan pengggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa benda dan kegunaanya di sekitar di SD Negeri 040510 Kutambaru Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Learning Model Think Pair Share
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: EPINTA - SEMBIRING
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:10
Last Modified: 05 Jul 2023 03:10
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item