PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 044826 SAMURA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NIA KARDINA BR GINTING, . (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 044826 SAMURA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (728kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (90kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
5. BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (338kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nia Kardina Br Ginting, NPM: 1715010115 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 044826 Samura Tahun Pelajaran 2020/2021”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel pola asuh demokratis orang tua (X) dan variabel prestasi belajar siswa (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran pola asuh demokratis orang tua siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura (2) gambaran prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura (3) pengaruh pola asuh demokratis orangtua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura sebanyak 29 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total sehingga sampel pada penelitian berjumlah 29. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pola asuh demokratis orang tua adalah dengan menggunakan kuesioner atau angket. Sedangkan data prestasi belajar diambil dari rata-rata nilai raport semester ganjil. Teknik pengolahan data dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran pola asuh demokratis orangtua siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam kategori sangat baik dengan jumlah total nilai angket 1.149 dan rata-rata 88,38. (2) gambaran prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam kategori sangat baik dengan total nilai keseluruhan 2.455 dan rata-rata 84,65. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 044826 Samura Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan nilai t hitung 6,978 lebih besar dengan nilai t tabel 2,056 dan nilai signifikansinya sebesar 0,063. Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Prestasi Belajar, dan Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Parents' Democratic Parenting, Learning Achievement, and Elementary School
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 303 Social Process
300 Social Science > 306 Culture and Institutions
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Nia Kardina Br Ginting
Date Deposited: 26 Jun 2021 04:10
Last Modified: 26 Jun 2021 04:10
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item