MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA AL-WASHLIYAH BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DINDA SEROJA FAHIRA, ., (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA AL-WASHLIYAH BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
BAB I DINDA SEROJA FAHIRA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (451kB)
[img] Text
BAB II DINDA SEROJA FAHIRA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (496kB)
[img] Text
BAB III - V DINDA SEROJA FAHIRA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DINDA SEROJA FAHIRA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN DINDA SEROJA FAHIRA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK DINDA SEROJA FAHIRA , NPM. 1915010016, “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Course Review Horay pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Course Review Horay di kelas IV pada mata pelajaran IPA materi Benda dan Sifatnya di SD Swasta Al-Washliyah Berastagi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Al-Washliyah Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan model Course Review Horay di Kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh data siklus I, observasi aktivitas guru memperoleh nilai 60,8% (cukup) dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 68 (cukup). Siswa yang tuntas individu sebanayak 10 siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 siswa dari 21 siswa, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 48% dan nilai rata-rata siklus I yaitu 71. Sedangkan pada siklus II, observasi aktivitas guru memperoleh nilai 87,3% (baik sekali) sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 92 (baik sekali). Siswa yang tuntas individu sebanyak 18 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang dari 21 siswa, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 85% dan nilai rata-rata siklus II yaitu 89. Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara individu dan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPA materi Benda dan Sifatnya di kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 meningkat. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Course Review Horay

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Course Review Horay Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: DINDA SEROJA FAHIRA
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:43
Last Modified: 04 Jul 2023 08:43
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item