Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Tema 8 Pokok Bahasan Jenis-Jenis uang Di Kelas III SD Negeri 040454 Peceren Berastagi T.P 2022/2023

MILKA TEFIA BR BANGUN, . (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Tema 8 Pokok Bahasan Jenis-Jenis uang Di Kelas III SD Negeri 040454 Peceren Berastagi T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (934kB)

Abstract

MILKA TEFIA BR BANGUN, NPM 1915010091. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Tema 8 Pokok Bahasan Jenis-Jenis uang Di Kelas III SD Negeri 040454 Peceren Berastagi T.P 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPS. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran IPS. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SD Negeri 040454 Peceren Berastagi T.P 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040454 Peceren Berastagi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Sebagai Objek adalah menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPS di kelas III SD Negeri 040454 Peceren Berastagi T.P 2022/2023. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2 x 35 menit. Hasil akhir dari penelitian diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru dan siswa berkategori baik karena deskripsi aktivitas guru mencapai 72,9% sedangkan hasil deskripsi aktivitas observasi siswa mencapai 86 serta siswa yang tuntas secara individu 23 orang,secara klasikal 92% dan rata-rata 69,6. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpilkan bahwa penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD pada pembelajaran IPS dengan Pokok Bahasan Jenis-jenis Uang di kelas III SD Negeri 040454 Peceren Berastagi T.P 2022/2023 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, STAD type cooperative model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: MILKA TEFIA BR BANGUN
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:34
Last Modified: 04 Jul 2023 02:34
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item