Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Media Gambar Materi PKN Kewajiban Dan Hakku Disekolah Di SD Negeri 040506 Munte

SAGALA,HERMANSA, HERMANSA SAGALA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Media Gambar Materi PKN Kewajiban Dan Hakku Disekolah Di SD Negeri 040506 Munte. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (143kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (702kB)
[img] Text
5. BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (515kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (71kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK HERMANSA SAGALA, NPM : 1915010202 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Dengan Menggunakan Media Gambar Materi PKn Kewajiban Dan Hakku Disekolah SD Negeri 040506 Munte Tahun Pelajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran PKn pokok bahasan kewajiban dan hakku disekolah dikelas III SD Negeri 040506 Munte Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040506 Munte 23 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran PKn pokok bahasan kewajiaban dan hakku disekolah dikelas III SD Negeri 040506 Munte Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60,1% atau berkategori cukup, hasil observasi siswa 66 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 23 siswa yang tuntas 15 orang siswa dan tidak tuntas 8 orang, secara klasikal 65% yang tuntas dan 35% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus I ini adalah 67 atau berkategori baik sudah memenuhi KKM tetapi tidak tuntas secara klasikal. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 79,3% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 86, hasil belajar dari 23 orang siswa yang tuntas 20 dan 3 orang siswa yang tidak tuntas, secara klasikal 87% yang tuntas dan 13% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus II adalah 75 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan media gambar pada materi pelajaran PKn pokok bahasan kewajiband an hakku disekolah dikelas III SD Negeri 040506 Munte Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Using Science Subjects Demonstration
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: HERMANSA - SAGALA
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:19
Last Modified: 04 Jul 2023 02:19
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item