MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SD NEGERI 040506 MUNTE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SIMALANGO, LESNI KRISOSTAMI, LESNI KRISISTAMI SIMALANGO (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SD NEGERI 040506 MUNTE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
5. BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK LESNI KRISOSTAMI BR SIMALANGO. NPM : 1915010156. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 PERUBAHAN WUJUD BENDA SD NEGERI 040506 MUNTE TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023. PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Inkuiri pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Inkuiri dan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Wujud Benda di kelas III SD Negeri 040506 Munte Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040506 Munte Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040506 Munte yang berjumlah 23 orang siswa dan menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Perubahan Wujud Benda dengan menggunakan model Inkuiri. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 79 % ( kategori Baik) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 82,9 % ( karegori baik sekali ). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 64 (kategori cukup ) dan pada Siklus II memperoleh nilai sebesar 88 ( kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 16 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 7 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 20 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 69 % dan untuk Siklus II yaitu 87 %. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 60,84 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 84,34. Kata kunci : Hasil belajar, Model Inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Using Science Subjects Demonstration
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: LESNI KRISOSTAMI BR SIMALANGO
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:18
Last Modified: 03 Jul 2023 07:18
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item