MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Emia Vebina Br Perangin Angin, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (594kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (727kB)

Abstract

Emia Vebina Br Perangin Angin, NPM: 1915010098“ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Mata Pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA tema 6 sub tema 1 Panas dan Perubahannya Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tema 6 Subtema 1 panas dan perubahannya Tahun Pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 15 siswa. Metode pengumpul data yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam penelitian ini adalah siswa mengerjakan soal tes sebanyak 10 butir soal sedangkan untuk memperoleh hasil pengamatan keaktifan pembelajaran peneliti mengunakan gunakan lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan Problem Based Leraning pada, Siklus I hasil observasi guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa adalah 60 dengan kategori cukup. Untuk Ketuntasan hasil belajar Siklus I diperoleh 8 orang yang tuntas dengan persentase 53% dan 7 orang yang tidak tuntas dengan persentase 47% dengan nilai rata-rata 63. Sedangkan pada, Siklus II, hasil observasi guru adalah 78% dan observasi siswa adalah 80 dengan kategori baik. Untuk Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 13 orang siswa yang tuntas dengan persentasi adalah 86% dan 2 orang yang tidak tuntas dengan persentase adalah 14% dengan hasil nilai rata-rata Siklus II sebesar 80. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan dari model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA Tema 6 subtema 1 panas dan perubahannya di Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, and Problem Based Learning Models
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: EMIA VEBINA BR PERANGIN ANGIN
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:03
Last Modified: 03 Jul 2023 05:03
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item