MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BANTUAN APLIKASI POWER POINT DI KELAS IV SD NEGERI 043947 TANJUNG BARUS TP. 2022/2023

Cristina Matondang, Cristina (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BANTUAN APLIKASI POWER POINT DI KELAS IV SD NEGERI 043947 TANJUNG BARUS TP. 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. cover skripsi ok4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2. abstrak dll ok1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (288kB)
[img] Text
5. BAB 3 -5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (771kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK CRISTINA MATONDANG, NPM, 1915010049, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BANTUAN APLIKASI POWER POINT DI KELAS IV SD NEGERI 043947 TANJUNG BARUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023’’. Masalah yang di teliti dalam skripsi ini yaitu kurang maksimal hasil belajar siswa khususnya Mata Pelajaran IPA di Kelas SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasil berlajat siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 1 Sub Tema 2 Pokok Bahasan Sifat-Sifat setelah dengan menggunakan Model Project Based Learning Dengan Bantuan Aplikasi Power Point pada mata pelajaran IPA Tema 5 Materi Sifat – Sifat Cahaya di kelas IV SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 043947 Tanjung Barus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Materi Sifat – Sifat Cahaya di kelas IV SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023 Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Bantuan Aplikasi Power Point. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes Pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 72,4% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan nilai 80, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 21 orang siswa dari 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 87.50% dan nilai rata-rata siswa 85,83. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, Pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klaksikal dan hasil belajar siswa meningkat setelah dengan menggunakan Model Project Based Learning Dengan Bantuan Aplikasi Power Point pada mata pelajaran IPA Tema 5 Materi Sifat – Sifat Cahaya di kelas IV SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Belajar, Hasil belajar, Model Project Based Learning, Power Point

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Project Based Learning Models, Power Point
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: CRISTINA - MATONDANG
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:57
Last Modified: 01 Jul 2023 05:57
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item