MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043947 TANJUNG BARUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Lia Febrina, Br Barus (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043947 TANJUNG BARUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. COVER Lia OK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK LIA OK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
3. BAB 1lia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
4. BAB 2 lia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (295kB)
[img] Text
5. BAB 3-5lia.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (697kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKAlia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN Lia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK LIA FEBRINA BR BARUS: 1915010181. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI: “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043947 TANJUNG BARUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di Kelas V SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023. Subyek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 17 orang, Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran IPA Tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di Kelas V SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data adalah Tes Pilihan Berganda dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 15 orang atau 88%, rata-rata kelas 73.5 dan hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena hasil deskripsi kegiatan guru mencapai 78,1% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di Kelas V SD Negeri 043947 Tanjung Barus Tahun Pelajaran 2022/2023 meningkatkan, hasil belajar = hipotesis. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Application of Problem Solving Learning models
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Depositing User: LIA FEBRINA BR BARUS
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:13
Last Modified: 01 Jul 2023 05:13
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item