RAFAEL ABADIKEN SITEPU, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI TUMBUHAN TEMA 3 SUB TEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 047174 KUTARAYATTAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (17kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK RAFAEL ABADIKEN SITEPU, NPM: 1915010058 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mata Pelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 1 Kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADdan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 047174 Kutarayat. Subjek dalam penelitiani ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA pada materi tumbuhan. Tes yang digunakan adalah essay yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis penelitian pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategori baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 86% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 87. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal sebesar 66% dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,6% dan pada siklus II sebesar 74 dengan peningkatan sebesar 0,74%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Materi Tumbuhan Tema 3 Sub Tema 1 Kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | RAFAEL ABADIKEN SITEPU |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:33 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:33 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |