HUBUNGAN MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE T.P 2020/2021

SARA ISABEL BR SEMBIRING, . (2021) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE T.P 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL NURAFNI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (121kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hubungan minat membaca di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Permasalahan dalam penelitian ini “apakah ada hubungan yang signifikan antara minat membaca di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021?”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel bebas dan daftar kumpulan nilai (DKN) untuk variabel terikat, dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik deskriptif pada minat membaca di perpustakaan menunjukkan bahwa total skor adalah 1.217 dengan rata-rata akhirnya 71,5 dalam kategori baik, hasil belajar siswa kelas IV menunjukkan bahwa total skornya adalah 2.071 dengan rata-rata akhirnya 76.7 dalam kategori baik dan hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi hubungan minat membaca di Perpustakaan (X) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV (Y) adalah 0,3494 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung 4.001 lebih besar dari pada t tabel 2.052, maka H0 diterima H1 ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara minat membaca di perpustakaan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi penambah wawasan tentang konsep-konsep atas teori-teori tentang pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Minat membaca di perpustakaan, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading interest in the library, student learning outcomes.
Subjects: 000 Generalities
000 Generalities > 020 Library and Information Science
300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Sara Isabel Br Sembiring
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:41
Last Modified: 22 Jun 2021 04:41
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item