FANI BR PERANGIN-ANGIN, . (2023) Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 2 Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (910kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (113kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK FANI BR PERANGIN-ANGIN : 1915010161 Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 2 Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model jigsaw pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdsarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 dan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui Penerapan Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 2 Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 25 orang, 13 laki-laki dan 12 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Jigsaw Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 2 Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data adalah Pilihan Berganda dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil pelaksanaan akhir dari penelitian diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 22 orang atau 88%, rata-rata kelas 80 dan hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena hasil deskripsi kegiatan guru mencapai 70,4% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan Model jigsaw di kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Jigsaw Model Implementation |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | FANI BR PERANGIN-ANGIN |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 07:33 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 07:33 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |