PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURAFNI BR MILALA, . (2021) PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL NURAFNI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (121kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe. Permasalahan dalam penelitian ini “apakah ada pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar di kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021?”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel bebas dan daftar kumpulan nilai (DKN) untuk variabel terikat, dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik deskriptif pada kondisi ekonomi otang tua menunjukkan bahwa total skor kondisi ekonomi orang tua adalah 1.254 dengan rata-rata akhirnya 78,37 dalam kategori tinggi, prestasi belajar siswa kelas IV menunjukkan bahwa total skornya adalah 1.964 dengan rata-rata akhirnya 78,56 dalam kategori baik dan hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh kondisi ekonomi orang tua (X) terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV (Y) adalah 0,532 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung 5,854 lebih besar dari pada t tabel 2,074, maka H0 diterima H1 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi penambah wawasan tentang konsep-konsep atas teori-teori tentang pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: kondisi ekonomi orang tua, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: parents' economic condition, student learning achievement.
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Nurafni . Br Milala
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:40
Last Modified: 22 Jun 2021 04:40
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item