MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA1 BAGIAN TUMBUHAN DANKEGUNAANYA DI KELASIV SD NEGERI 047174 KUTA RAYAT T.A 2021/2022

Giawa, Niko Gidion, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA1 BAGIAN TUMBUHAN DANKEGUNAANYA DI KELASIV SD NEGERI 047174 KUTA RAYAT T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. cover niko(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
2. abstrrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[img] Text
3. bab 1(2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
4. bab 2(2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
5. bab 3 -5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6. daftar pustaka(2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
7. lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

NIKO GIDION GIAWA. NPM : 1815010050. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing IPA Tema 3 Subtema 1 Bagian Tumbuhan Dan Kegunaanya Dikelas IV SD NEGERI 047174 Kutarayat 2021/2022”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Snowball Throwing. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 047174 Kutarayat, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Snowball Throwing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Di Kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Snowball Throwing pada materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65 dan tingkat penguasan siswa secara klasikal 60% dari 25 siswa terdapat 12 orang yang mencapai nilai KKM yaitu 70 dan 11 orang yang tidak tuntas atau tidak mencapai nilai KKM 70. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78 dari 25 siswa terdapat 17 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajarnya dan 6 siswa yang tidak tuntas belajarnya. Berdasarkan temuan dan hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Snowball Throwing dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA Materi Bagian Tumbuhan Dan Kegunaanya di Kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Snowball Throwing Model, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: NIKO GIDION GIAWA
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:48
Last Modified: 17 Nov 2022 07:48
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item