PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREFFINGER DENGAN MODEL KONVENSIONAL (CERAMAH)

Kronika Br Sembiring, . (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREFFINGER DENGAN MODEL KONVENSIONAL (CERAMAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

KRONIKA BR SEMBIRING. NPM: 1715010021. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger dengan Model Konvensional (Ceramah)”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang diperoleh dari pengalaman empirik bahwa rendahnya kreativitas dan keaktifan serta hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PPKn dikarenakan proses mengajar guru yaitu dengan teacher centered dan model pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran konvensional (ceramah) sehingga pada umumnya hasil belajar siswa cukup rendah. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger dan model konvensional (ceramah) yang dapat menumbuhkan kreativitas, dan keaktifan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa kelas IV SDN 047173 Cimbang Ujung yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger, (2) hasil belajar siswa kelas IV SDN 047173 Cimbang Ujung yang menggunakan model konvensional (ceramah), (3) perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger dengan model konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 047173 Cimbang Ujung. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 047173 Cimbang Ujung yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda dengan tema yaitu indahnya kebersamaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif, dan teknik analisis data inferensial. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa tes pilihan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif, dan teknik analisis data inferensial. Data yang telah dikumpulkan dapat ditentukan bahwa data skor setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger pada kategori baik dengan jumlah rata-rata 83 sedangkan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada kategori kurang dengan jumlah rata-rata 55. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional (ceramah), disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional (ceramah) dengan taraf signifikan α = 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Treffinger's Cooperative Learning Model, Conventional Model (Lecture), Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Kronika Br Sembiring
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:38
Last Modified: 22 Jun 2021 04:38
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item