HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 047173 CIMBANG UJUNG T.A 2020/2021

Pertiwi Br Tarigan, . (2021) HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 047173 CIMBANG UJUNG T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (832kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pertiwi Br Tarigan, NPM : 1715010081 “Hubungan Berpikir Kreatif Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 047173 Cimbang Ujung Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi. Dalam suatu proses pembelajaran setiap siswa memiliki tingkah laku yang berbeda didalam setiap siswa, ada yang aktif danada yang pasif. Anak yang aktif biasanya lebih mandiri, percaya diri, ingin tahu, penuh semangat, cerdik, dan ulet. Sedangkan anak yang pasif biasanya lebih pendiam, tidak percaya diri dan takut mengeluarkan pendapat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa trgolong pasif dalam proses belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 047173 Cimbang ujung yang berjumlah 11 orang dan sekaligus menjadi sampel peneliti. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berpikir kreatif siswa dan dokumentasi hasil belajar, dan teknis analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis yang digunakan uji t. Berdasarkan analisis data penelitian pengujian hipotesis diperoleh bahwa (1) gambaran berpikir kreatif siswa dengan rata-rata 70, (2) gambaran hasil belajar dengan rata-rata 76, dan (3) ada hubungan yang signifikan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 047173 Cimbang Ujung Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Thinking, Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Pertiwi Br Tarigan
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:37
Last Modified: 22 Jun 2021 04:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item