PERANCANGAN ELECTRONIC SPORT CENTER KOTA MEDAN (TEMA : ARSITEKTUR FUTURISTIK)

Bobby Mario Pasaribu, S.Ars (2022) PERANCANGAN ELECTRONIC SPORT CENTER KOTA MEDAN (TEMA : ARSITEKTUR FUTURISTIK). Skripsi thesis, Universitas Quality Berastagi.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh secara langsung terhadap kemajuan pada bidang olahraga. Hubungan keduanya menciptakan sejarah lahirnya cabang olahraga baru berbasis teknologi yang dikenal dengan esports (electronic sports). Perkembangan esports yang pesat di Kota Medan dilatarbelakangi dengan adanya berbagai kompetisi esport yang diadakan. Peran fasilitas esports sangat diperlukan sebagai sarana penunjang pelatihan untuk mengembangkan kemampuan pemain esports dalam membantu mewujudkan ambisi peminat esports sebagai pemain professional. Adanya permasalahan mengenai fasilitas dan teknis ruang dapat mempengaruhi secara langsung terhadap proses pelatihan esports. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dengan melakukan survei studi banding bangunan terkait, analisis studi literature berupa standar dan kebutuhan ruang esports, serta analisis data lapangan terhadap kondisi bangunan perancangan untuk membantu menyelesaian permasalahan fasilitas serta kebutuhan teknis ruang terhadap pemain esports. Realisasi dari Perancangan Esport Center di Medan ini memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan kebutuhan teknis berupa pengolahan sistem pencahayaan berkonsep transisi ruang dengan permainan intensitas dan warna cahaya serta pengaplikasian sistem akustik ruang berupa bentuk dan material treatment dinding absorber dan reflector yang ditunjang dengan pengaplikasian perangkat teknologi pada elemen pembentuk ruang untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan permainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Esports, Training Grounds, Technology, Facilities, Game Centers.
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport > 720 Architecture > 729 Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Arsitektur
Depositing User: BOBBY MARIO PASARIBU
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:49
Last Modified: 31 Aug 2022 04:49
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item