PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 040530 BUNURAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Asnat Romalia Br Sinuraya, . (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 040530 BUNURAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (636kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (150kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (488kB)
[img] Text
5. BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (469kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (54kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Asnat Romalia Br Sinuraya : 1715010072 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadapa Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 040530 Bunuraya Tahun Pelajaran 2020/2021” Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kompetensi Profesional Guru dalam mengajar yang masih belum maksimal sehingga hasil belajar IPS masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Kompetensi Profesional Guru, gambaran hasil belajar IPS dan ada tidaknya “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadapa Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 040530 Bunuraya Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040530 Bunuraya Kec.Tigapanah Kab.Karo. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian adalah kompetensi profesional guru dan hasil belajar IPS dengan alat pengumpulan data berupa angket dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai rapor semester 1. Instrument penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisis data terdiri dari uji hipotesis dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional guru termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 74,7. Hasil belajar IPS termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 87,5. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung 8,153 ˃ nilai t tabel 2,110. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (Kompetensi Profesional Guru) dengan variable Y (Hasil Belajar IPS) kelas VI SD Negeri 040530 Bunuraya Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teacher Professional Competence and Social Studies Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behaviour
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Asnat Romalia Br Sinuraya
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:34
Last Modified: 22 Jun 2021 04:34
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item