Sendy Nur Amalia, . (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 047160 KEJORA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (882kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (289kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (418kB) |
Abstract
ABSTRAK Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN 047160 Kejora Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ipa yaitu materi pesawat sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar.Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti yaitu pada siklus I mencapai 60% dan siklus II 78% . Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan siswa pada siklus I mendapatkan nilai 70 dan siklus II sudah mendapatkan nilai 84 sudah berkategori baik. Ketiga, nilai rata-rata siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II.Dan keempat, ketuntasan secara klasikal sudah mencapai ≥85%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | SENDY NUR AMALIA |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 05:27 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 05:27 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |