Yohanna Tita Clara Br S Brahmana, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam Dan Buatan Di SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
Sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (617kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
![]() |
Text
Bab I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (823kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (142kB) |
![]() |
Text
Lampiran .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Yohanna Tita Clara Br S Brahmana. NPM: 181501072. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam Dan Buatan Di SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Media Gambar terhadap peningkaytan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Lingkungan Alam dan Buatan kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal dan rata-rata belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Media Gambar pada materi Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas III berjalan dengan baik. Pada Siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 66,2 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 59,3 dari 27 orang siswa terdapat 16 orang siswa yang memperoleh ≥ 70 atau tuntas belajar dan 11 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,5 dari 27 orang siswa terdapat 24 orang siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Picture Media, Social Science Subjects |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Yohanna Tita Clara Br S. Brahmana |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:24 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |