ERIC ROBERTO TARIGAN, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Tema 4 Subtema 2 Pokok Bahasan Jenis- Jenis Bangun Datar/Persegi Di Kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
sampul .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (850kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (230kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
ERIC ROBERTO TARIGAN, NPM 1815010015 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Tema 4 Subtema 2 Pokok Bahasan Jenis- Jenis Bangun Datar/Persegi Di Kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah menjadi pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model make a macth pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan jenis – jenis bangun datar/persegi di kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe yang berjumlah 21 orang dan penggunaan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran matematika pokok bahasan jenis – jenis bangun datar/persegi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru sebesar 79% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84 yang berkriteria baik. Dimana hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari 21 siswa yang tuntas belajar adalah 18 (86%) siswa dan dari 21 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (14%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Mateatika pokok bahasan bahasan jenis – jenis bangun datar/persegi di kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Application of the Make a Match Learning Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Eric Roberto Tarigan |
Date Deposited: | 06 Aug 2022 03:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2022 03:09 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |