UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 047160 KEJORA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2021/2022

Adel Ester Br Sagala, . (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 047160 KEJORA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (960kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (812kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (715kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

ADEL ESTER BR SAGALA, NPM: 1915010218, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 047160 Kejora Berastagi Tahun Ajaran 2021/2022. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 047160 Kejora Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 047160 Kejora Berastagi yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 76,6% dan aktivitas siswa yaitu 80, termasuk dalam kriteria baik. Dari 26 orang siswa terdapat 23 orang yang tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 88,46% yang tuntas belajar, dan nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 87. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 047160 Kejora Berastagi Tahun Ajaran 2021/2022. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Metode Role Playing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Metode Role Playing
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ADEL ESTER BR SAGALA
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:30
Last Modified: 03 Aug 2022 07:30
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item