MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA KELAS III TEMA 5 SUBTEMA 1 KEADAAN CUACA SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sany Pryanti Br Situmorang, Sany (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA KELAS III TEMA 5 SUBTEMA 1 KEADAAN CUACA SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK SANY PRYANTI BR SITUMORANG, NPM: 1815010011 : "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Tebak Kata Kelas III Tema 5 Subtema 1 Keadaan Cuaca SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2021/2022". Jenis Penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Tebak Kata Tema 5 Subtema 1. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Tebak Kata Tema 5 Subtema 1 Keadaan Cuaca SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 043951 yang berjumlah 17 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model model pembelajaran Tebak Kata Tema 5 Subtema 1 Keadaan Cuaca SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, aktivitas siswa, dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan individu, ketuntasan klasikal,dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil kegiatan aktivitas guru dan juga siswa di siklus I, untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase 60,4% (cukup), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase 87,1% (baik sekali). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 68,8% (cukup), sedangkan pada siklus II mencapai persentase 88,8% (sangat baik), hasil ketuntasan individual, ketuntasan secara klasikal dan nilai rata-rata pada siklus I dan II, untuk hasil ketuntasan individual pada siklus I 11, sedangkan ketuntasan individual di siklus II 15, untuk hasil ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 64,7%, sedangkan ketuntasansecara klasikal pada siklus II mecapai 88,2%, untuk hasil rata-rata pada siklus I mencapai 69,4, sedangkan pada siklus II mencapai 90,5. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema 5 Subtema 1 Keadaan Cuaca SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tebak Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, learning outcomes, tebak kata model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Depositing User: SANY PRYANTI BR SITUMORANG
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:16
Last Modified: 02 Aug 2022 08:16
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item