Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA Kelas V Di SD negeri 040503 Perbaji/Selandi Tahun Pelajaran 2021/2022

Yuli lorenta br bangun, Loren (2022) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA Kelas V Di SD negeri 040503 Perbaji/Selandi Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (375kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (956kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB)
[img] Text
7.LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat – sifat cahaya melalui metode eksperimen di kelas V SD Negeri 040503 Perbaji/Selandi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Negeri 040503 Perbaji/ selandi dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 15 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 15 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 10 orang siswa atau 66,67 % yang memperoleh nilai 65 ke atas , sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 13 orang dari 20 orang siswa atau 86,67% . Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 040503 Perbaji/Selandi pada materi sifat-sifat cahaya bisa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student learning outcomes,experimentalmethod
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Depositing User: Yuli Lorenta Br Bangun
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:20
Last Modified: 02 Aug 2022 08:20
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item