MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE LATIHAN MENGGUNAKAN ALAT PRAGA KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE

MY FRINA HAPPY BR GINTING, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE LATIHAN MENGGUNAKAN ALAT PRAGA KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode latihan pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode latihan pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60 % atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 68.8 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 30 siswa yang tuntas 19 orang dan yang tidak tuntas 11 orang, secara klasikal 63% yang tuntas dan 37% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 68 atau berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 80.4% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 84.4, hasil belajar individu dari 30 siswa yang tuntas 26 orang dan yang tidak tuntas 4 orang, secara klasikal 87% yang tuntas dan 13% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 83.3 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan metode latihan pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan penjumlahan dan penguragan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar, Metode Latihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Learning, Learning Outcomes, Practice Method
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: My Frina Happy Br Ginting
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:15
Last Modified: 03 Aug 2022 07:15
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item