Meningkatkan hasil belajar IPA siswa menggunakan model make a match materi cuaca di kelas III SD negeri 040482 gajah T.A 2021/2022

Korinti Anesya Br Surbakti, . (2022) Meningkatkan hasil belajar IPA siswa menggunakan model make a match materi cuaca di kelas III SD negeri 040482 gajah T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas QUALITY berastagi.

[img] Text
1. SAMPUL korinti.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (184kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
5. BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KORINTI ANESYA BR SURBAKTI, NPM: 1815010031, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI: “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH MATERI CUACA DI KELAS III SD NEGERI 040482 GAJAH T.A 2021/2022”. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA materi Cuaca di Kelas III SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA materi Cuaca di Kelas III SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040482 Gajah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA dan hasil belajar siswa masih rendah, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas III SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022 yang berjumlah 25 orang siswa dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA materi Cuaca di Kelas III SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 60% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa sebesar 68 kategori cukup, 19 siswa yang tuntas individu dan 6 siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal sebesar 76% dan nilai rata-rata sebesar 69,6. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 75% kategori baik hasil observasi aktivitas siswa sebasar 80 kategori baik, 22 siswa yang tuntas individu dan 3 siswa yang tidak tuntas, ketuntasan klasikal sebesar 88% dan nilai rata-rata sebesar 80,8 Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match telah berkategori baik dan baik, ketuntasan hasil belajar siswa tercapai dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA materi Cuaca di Kelas III SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022. . Kata Kunci: Pembelajaran, Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Make a Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Science, Learning Model Make a Match
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Korinti Anesya Br Surbakti
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:35
Last Modified: 29 Jul 2022 09:35
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item