ELVI MARCURI BR SILALAHI, S.Pd (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING MATA PELAJARAN IPS TEMA 4 SUBTEMA 1 POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (781kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (294kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Masalah yang di teliti dalam skripsi ini yaitu kurang maksimal hasil belajar siswa khususnya Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dalam Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat yang berjumlah 16 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 76,5% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 86, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya 14 siswa dan yang tidak tuntas 2 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 87,5% dan nilai rata-rata siswa 80,6. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dan hasil belajar siswa meningkat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas IV SD Negeri 0404544 Dolat Rayat Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Model Probing Prompting |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Elvi Marcuri Br Silalahi |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:43 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:43 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |