FEBY GLORIA BR GINTING, S.Pd (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 PADA MATERI HUBUNGAN ANTARA MAHKLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 047163 DESA AJIJULU TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERATAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (626kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (842kB) |
![]() |
Text
BAB III- BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (301kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
Abstract
Jenis Penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw Tema 5 Subtema 2. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw Tema 5 Subtema 2 ” Hubungan Antara Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 047163 Desa Ajijulu Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD 047163 Desa Ajijulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 047163 Desa Ajijulu yang berjumlah 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Jigsaw Tema 5 Subtema 2 ” Hubungan Antara Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 047163 Desa Ajijulu Tahun Ajaran 2021/2022. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian ini diperoleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 79,2%, sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84 serta yang tuntas secara individu 17, secara klasikal 85% dan rata-rata 87. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasi belajar siswa Tema 5 Subtema 2 ” Hubungan Antara Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 047163 Desa Ajijulu Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Jigsaw Learning Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social Science 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Feby Gloria Br Ginting |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:35 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |